Sabtu, 31 Maret 2012

HAL-HAL KECIL NAMUN BISA MEMBUAT PUSING YANG SERING DI LAKUKAN USER KOMPUTER


Banyakanya pekerjaan dan tuntutan waktu yang harus segera diselesaikan, menuntut orang bisa mengoperasikan  komputer untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Komputer merupakan salah satu peralatan elektronik yang di program agar pengguna/user awam bisa menggunakannya. Hal ini terlihat dari tampilan komputer yang menggunakan gambar dan grafis serta secara berkala software yang digunakan mengalami penyempurnaan.



1.       Manajemen file
Banyaknya pekerjaan menuntut kita dapat bekerja secara cepat, sering terjadi ketika akan membuka suatu data, user lupa meletakkan file, hal ini masih tertolong jika masih ingat nama filenya, karena bisa di cari dengan fasilitas searching.  Sebaiknya kita mempunyai Folder yang berisi sub-sub folder untuk menyimpan file, misalkan folder tahun berisi sub folder surat, keuangan, lagu, dll. Data/file-file yang sejenis di letakkan dalam satu sub folder. 

Hal ini tidak hanya di lakukan di Hardisk, namun juga di Flasdisk, memori card dll. Manajemen file akan sangat membantu jika kita mempunyai data yang banyak serta dalam kurung waktu yang cukup lama (beberapa tahun).

2.       Mudah bertanya.
Ini yang banyak terjadi,  karena ingin cepat selesai atau malas berfikir, banyak user ketika bekerja lalu mengalami kesulitan terus bertanya pada temannya. Hal tersebut ada baiknya namun jika muncul kesulitan yang sama maka tidak bisa meyelesaiakan. Alangkah baiknya jika muncul permasalahan di coba diselesaikan secara mandiri. Jika mengalami kesulitan bisa tanya pada google. Prinsipnya jangan dikit-dikit tanya pada orang lain.
 
3.       Mengandalkan ilmu perasaan
Banyak kejadian user kehilangan data yang baru diketik,  entah listrik mati atau komputer error atau hang. Parahnya banyak user yang tidak melakukan penyimpanan berkala atau segera menyimpan data yang baru di ketik. Jika hal ini terjadi biasanya user complain (pada siapa?) karena merasa sudah menyimpan. Sering kejadian user merasa sudah mengcopy, mengirim email dll, namun jika prosesnya tidak tepat maka tidak akan berhasil.  Ujung – ujungnya menyalahkan komputer.

4.       Grogi dan Cemas
Jika terjadi kesalahan proses, komputer lambat  atau komputer mengalami error,  biasanya user tidak sabar, ada yang grogi bahkan cemas. Sebenarnya jika hal ini terjadi langkah terbaik adalah tenang, dan tidak banyak melakukan reaksi dengan menekan tombol . karena jika hal tersebut di lakukan dapat membuat masalah menjadi rumit. Jika masalahnya di luar kemampuan, maka sebaiknya amankan  data terlebih dahulu. Jika mungkin restar komputer.
Penjelasan diatas adalah sebagian hal-hal kecil yang sering terjadi, masih banyak hal-hal yang sering dilakukan oleh user.   Ada baiknya kita menghindari  hal-hal  tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar